Saklar Dengan Perintah SMS

Satu lagi produk CV.Wijaya Teknik selain service ac bandung dan jasa service ac bandung yaitu perintah saklar dengan sms

Saklar, kita tau fungsinya paling umum adalah untuk menyalakan lampu di rumah

Saklar tunggal itu yang satu saklar dapat menghidupkan satu atau beberapa bebean listrik secara bersamaan dalam satu jalur. Coba aja cek kamar kamu, lampu kamar kamu tentunya cuma bisa dinyalakan dari satu saklar aja kan? nah itu namanya saklar tunggal. lain misalnya kalau di dalam kamar itu terdiri dari dua jalur lampu yang berbeda dan dinyalakan juga dengan dua saklar, ini dibilang nya saklar ganda. Nah tapi kalau satu lampu dapat dimatikan dan dihidupkan oleh dua saklar secara bergantian dinamakan saklar tukar yaitu saklar yang menyalakan dan mematikan lampunya dapat saling bertukaran antara saklar satu dan saklar lainnya

Oke sekarang apa kita akan membuat saklar? dari tadi bahas saklar terus…

Ya kita akan membuat sebuah saklar yaitu saklar sms. Sebuah saklar yang dapat menghubungkan arus listrik (bukan menyalakan ya, jangan salah persepsi kalau udah dirangkai baru bisa menyalakan dari sumber PLN ke beban listrik misalnya sebuah lampu. Lalu apakah saklar sms yang akan kita buat ini pengoprasian nya sama juga dengan cara ditekan? sesuai dengan namanya saklar ini dapat bekerja dengan perintah yang kita kirimkan melalui sms dari handphone kita ke alat yang dibuat.

Kok tambah ribet ya? apa ga lebih sederhana di pencet aja ? ribet lagi harus ngetik sms.

Untuk menggunaan lokal tentu saja sistem saklar sms ini akan terlihat ribet dan membuang waktu saja  coba bayangkan kamu yang lagi berlibur keluar kota, keluar negeri tapi lampu rumah lupa kamu hidupkan saat itu? atau mungkin kamu yang punya kebun, tapi sedang tidak ada dikebun, padahal harus dilakukan penyiraman tanaman saat itu juga?

Tentunya masalah ini bisa kamu atasi dengan menghidupkan lampu tersebut dengan mengirim sms saja, atau masalah penyiraman kebun kamu bisa sms alat yang akan kita buat ini untuk menghidupkan pompa air penyiram tanaman nya. itu akan membantu kamu dalam kehidupan

Untuk contoh lainnya masih banyak yang serupa, saya hanya memberikan gambaran umum saja.

Nah apa saja bahan yang diperlukan dalam membuat alat saklar sms ini? saya katakan sangatlah sederhana. Untuk kamu yang sudah bergelut di dunia elektro, kamu hanyalah perlu sebuah minimum sistem mikrokontroler (saya pakai atmega328), lalu modul GSM, dan juga modul Relay. Hanya 3 produk itu saja kalian udah bisa membuat alat seperti yang saya ceritakan tadi. Ketiga alat tersebut dapat digunakan untuk kalian yang baru mengenal elektronika mikrokontroler, kenapa begitu? karena hanya dengan menghubungkan ketiga alat itu kalian udah ga perlu ribet lagi masalah solder menyolder komponen, hanya perlu memprogram nya saja.

Untuk source code nya atau untuk mendapatkan produk saklar dengan perintah sms silahkan hubungi kami

About

You may also like...

Your email will not be published. Name and Email fields are required